Contoh Makalah usulan Bisnis atau planning Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang makanan

Judul teladan Makalah: 

Contoh Makalah tawaran Bisnis atau rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang makanan

Contoh Makalah proposal Bisnis atau planning Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang kuliner
Contoh Makalah proposal Bisnis atau planning Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang makanan


Keterangan acuan Makalah:

Contoh Makalah tawaran Bisnis atau planning Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang makanan. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi tumpuan Makalah usulan Bisnis atau rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang kuliner.

Latar Belakang
Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling diminati dan memiliki prospek yang baik. Hal ini disebabkan peluang bisnis pada sektor makanan sangat menggiurkan. dapat dikatakan peluang bisnis pada sektor makanan sangat terbuka lebar lantaran semua manusia pasti membutuhkan kuliner. Pada kurun buyers market ketika ini, pengusaha dituntut untuk melakukan diferensiasi dalam bidang usaha yang digelutinya sehingga mampu membedakan tawaran pengusaha dengan pesaingnya. Selain itu, pengusaha juga harus meningkatkan pelayanan serta melakukan inovasi-inovasi. Pengusaha dituntut untuk selalu memenuhi kebutuhan dan cita-cita konsumen. Apalagi, pelaku usaha pada sektor kuliner juga sangat banyak. Salah satu kuliner kegemaran masyarakat Indonesia, yaitu siomay yang pada umumnya berbahan dasar ikan dengan perhiasan pare kukus, tahu, kentang dan kol dan disantap bersama saus kacang ini merupakan salah satu makanan yang digemari setiap harinya oleh masyarakat Indonesia.

Oleh lantaran itu, dengan adanya peluang yang sangat menjanjikan ini maka kami membuka usaha “Rainbow Siomay” yang tentunya kami melakukan diferensiasi dalam bidang usaha kami ini supaya para konsumen lebih tertarik untuk membeli produk kami. Rainbow Siomay yang merupakan suatu produk siomay yang unik dari kebanyakan produk siomay lainnya, lantaran mempunyai tampilan yang unik dan menarik dengan adanya banyak sekali varian warna yang terdapat pada siomay tersebut, yaitu warna merah, orange, hijau dan ungu. Penggemar jajanan di Indonesia terbilang cukup banyak. Mulai dari belum dewasa hingga orang dewasa. Pembuatan “Rainbow Siomay” yang bersifat kreatif dilakukan dengan Cara yang sangat sederhana, tetapi lebih bersih, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Tujuan dan Manfaat Penyusunan proposal
Adapun tujuan dan manfaat untuk menyusun anjuran bisnis ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk memenuhi kiprah akhir mata kuliah Kewirausahaan.
  2. Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inofatif wacana berwirausaha.
  3. Melatih mahasiswa biar mampu berwirausaha dengan baik.
  4. Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan wacana berwirausaha.
  5. Agar dapat belajar sendiri dan mangisi waktu luang dengan aktivitas yang bermanfaat.
  6. Untuk selalu berpikir aktif, kreatif dan inovatif serta mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbisnis sehingga memunculkan banyak wangsit-ide gres yang mampu menjadi peluang usaha yang menguntungkan.
  7. Untuk membantu berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan.

Konsep usaha
Rainbow Siomay yang merupakan suatu produk siomay yang unik dari kebanyakan produk siomay lainnya, lantaran memiliki tampilan yang unik dan menarik dengan adanya aneka macam varian warna yang terdapat pada siomay tersebut, yaitu warna merah, orange, hijau dan ungu. Warna siomay tersebut bukan berasal dari pewarna melainkan dari ekstrak buah, sayur dan umbi. Dengan warna siomay yang anggun , dihidangkan bersama kol, tahu dan pare kukus dengan siraman bumbu kacang yang yummy, menciptakan rainbow siomay menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membelinya.

Outlet Rainbow Siomay juga terdapat di lokasi yang taktiks yang sanggup dijangkau oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Suasana yang diciptakan outlet Rainbow Siomay pun juga bersih dan nyaman, sehingga para konsumen mampu menyantap pribadi produk Rainbow siomay di outlet dan dapat juga eksklusif dibawa pulang. Selain siomay dalam tampilan yang unik dan menarik harga Rainbow Siomay pun terjangkau dan mampu disantap dari usia anak-anak hingga sampaumur. Rainbow Siomay mampu didapatkan juga oleh pelanggan di luar kota Jakarta, karena terdapat layanan sistem pemesanan online sehingga konsumen dari banyak sekali kota mampu memesan produk ini dengan perhiasan biaya pengiriman.

Aspek Pasar

Gambaran Umum Pasar dan Sasaran
Usaha penjualan “Rainbow Siomay” ini merupakan usaha kecil yang dijalankan dari awal dengan membuka satu outlet yang berlokasi di rumah pemilik. jikalau usaha ini berhasil atau sukses dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan, maka pemilik akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.

Jenis Produk yang Dipasarkan
Produk yang kami pasarkan merupakan banyak sekali siomay yang mempunyai tampilan yang unik yaitu warna-warni dan juga mempunyai kandungan yang bergizi.

Target Pasar
Produk “Rainbow Siomay” ini sanggup dinikmati oleh aneka macam kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tangga, sampai dengan lansia sekalipun mampu menikmati produk ini lantaran memakai bahan-bahan yang alami dan berkualitas.

Pesaing
Untuk dikala ini kami mempunyai beberapa pesaing. seakan-akan pedagang siomay keliling dan siomay yang dijual di outlet-outlet. dampak pesaing terhadap penjualan Rainbow Siomay sedikit besar lengan berkuasa lantaran para pesaing sudah terlebih dahulu berjualan siomay dan juga kawasan berjualannya yang cukup taktiks sehingga banyak orang yang melaksanakan aktifitas disekitar ditempat tersebut dan sering membeli siomay mereka.

Sasaran Pembeli
Sasaran dari Rainbow Siomay ini adalah para penikmat siomay dari semua kalangan mulai dari anak sekolah, pegawai kantoran, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Terutama yang sangat tertarik dengan tampilan siomay yang unik dan kualitas siomay yang diproduksi dengan bersih dan terbuat dari materi-bahan yang berkualitas.

Diferensiasi
Strategi diferensiasi yang dilakukan Rainbow Siomay ialah diferensiasi produk yang meliputi pada tampilan yang menarik yaitu terdapat aneka macam varian warna dan kandungan gizi yang dihasilkan dari warna siomay tersebut. 

STP (Segmentasi, sasaranting, Positioning)

1. Segmentation

Demografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok- kelompok menurut variabel demografis seolah-olah: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan.

1. Umur
Produk Rainbow Siomay ini sanggup dikonsumsi oleh kaum belum dewasa hingga pintar balig cukup akal

2. Jenis Kelamin
Produk Rainbow Siomay mampu dikonsumsi oleh semua jenis kelamin.

3. Pendapatan
Produk Rainbow Siomay ini dapat dibeli dengan pendapatan konsumen, dimana pendapatan konsumen golongan menengah keatas dan golongan menengah. karena Produk Rainbow Siomay memiliki harga yang terjangkau untuk golongan menengah keatas dan golongan menengah.

4. Segmentasi Demografik Multivariasi
Produk Rainbow Siomay ini diarahkan pada segmentasi umur, jenis kelamin dan pendapatan sehingga produk sanggup secara maksimal diterima oleh konsumen dan menyampaikan suatu kepuasan konsumen .

2. targeting
Setelah memetakan pasar, tahap sasaraning yaitu membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar atau taktik sasaran market. Setiap perusahaan niscaya mempunya sasaran penjualan produksinya, dalam hal ini sasaran pemasaran Rainbow Siomay yaitu anak – anak, remaja hingga dewasa. Hal ini disebabkan lantaran produk Rainbow Siomay mempunyai tampilan yang unik dan menarik bagi anak – anak dan remaja dan juga rasa yang yummy dan bergizi juga akan menjadi hal yang menarik bagi konsumen remaja.

3. Positioning

Pada posisi pasar Rainbow Siomay merupakan kuliner yang bergizi tanpa adanya materi kimia yang berbahaya. Kami juga berinovasi pada warna siomay yang mempunyai aneka macam varian warna dan rasa yang enak dan mempunyai kandungan yang bergizi dan sanggup menyampaikan kesan anggun, dan enak supaya konsumen lebih tertarik dan juga diimbangi oleh materi dasar yang memberikan gizi baik.

Aspek Pemasaran

Promosi
Promosi yang akan kami lakukan dengan mengembangkan brosur daerah-tempat ramai dan berbaginya di sosial media seakan-akan Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan menyampaikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, biar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan mampu berkunjung kembali.

Langkah-langkah Promosi
Pada permulaan kami akan mencoba mengatakan penggalan harga pada konsumen dan terus mempertahankan citarasa yang kami punya tanpa mengubahnya ke yang lebih buruk.

Analisis SWOT

1. KEKUATAN (strength)
a. Rainbow Siomay memiliki tampilan yang unik dan menarik lantaran mempunyai aneka macam varian warna sehingga membuat konsumen ingin mencicipi produk Rainbow Siomay.
b. Rainbow Siomay menyediakan beberapa varian warna siomay dengan penemuan warna yang berbeda ini akan menjadi ciri khas produk Rainbow Siomay.
c. Rainbow Siomay mempunyai rasa yang enak lantaran pemilihan materi baku yang berkualitas.
d. Harga Rainbow Siomay sangat terjangkau bagi semua kalangan.
e. Lokasi outlet yang letaknya taktiks sehingga Mudah dijangkau oleh konsumen baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.
f. Terdapat layanan sistem pemesanan online sehingga konsumen dari aneka macam kota dapat memesan produk ini dengan komplemen biaya pengiriman.

2. KELEMAHAN (weakness)
a. Produk hanya satu jenis
Produk yang ditawarkan hanya satu jenis dari kebanyakan siomay yang ada, jikalau selera konsumen terus berubah, bukan tidak mungkin produk ini akan di tinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovatif.
b. Masa expired singkat
Rainbow Siomay ini mempunyai masa expired yang relatif singkat yaitu sekitar 1 hari pada suhu kamar dan maksimum 1 ahad kalaulau disimpan di lemari pendingin (kulkas).

3. PELUANG (opportunities)
a. Selera
Produk Rainbow Siomay membuat siomay yang rasanya enak dan mempunyai banyak sekali varian warna, penemuan warna ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar sehingga produk Rainbow Siomay menimbulkan selera masyarakat sebagai peluang untuk mendapatkan lebih banyak profit. 
b. Persaingan
Melihat dari persaingan peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini lantaran saingan untuk perjuangan ini mampu dikatakan belum banyak.

4. ancaman (threats)
a. Keadaan daerah
Karena kebanyakan produk Siomay berada di kota besar sehingga setiap tahunnya semakin banyak pendatang di kota-kota tersebut sehingga akan muncul daerah usaha siomay lain di sekitar lingkungan toko, hal ini menciptakan bisnis ini mempunyai prospek yang kurang baik.
b. Akan banyak pihak lain yang akan memalsukan usaha Rainbow Siomay ini, terutama keunikan dan produknya hal ini tentu akan membuat tentangan yang gres bagi kita.
c. Adanya pedagang-pedagang asongan atau tradisional yang ada di masyarakat dan berkeliling menjajakan dagangan siomay mereka dengan harga yang lebih terjangkau.

Analisa 4P
1. Produk (Product)
Produk Rainbow Siomay merupakan kuliner yang mampu mengenyangkan pelanggan. Disamping itu makanan ini tidak menggunakan materi pengawet dan aman dikonsumsi. Untuk menarik minat pelanggan, produk makanan Rainbow Siomay dikemas dan disajikan menarik, Mudah, dan siap dimakan.

2. Harga Jual (Price)
Harga jual produk Rainbow Siomay disesuaikan dengan harga para pesaing yaitu seharga Rp. 10.000,00 untuk setiap porsi. Satu porsi yang berisi 6 pcs siomay warna – warni dan satu tahu putih dan satu tahu kulit. Dengan tampilan menarik serta rasa yang enak dan bergizi, Rainbow Siomay ini sanggup menarik minat para konsumen dan juga kaya akan protein serta sebagai kuliner penunda lapar. Tetapi, jika pelanggan tidak tertarik untuk membeli harga paket yang kita sediakan, maka pelanggan mampu membeli harga satuan yaitu seharga Rp. 2.000,00 per pcs nya.

3. Promosi (Promotion)
Promosi Rainbow Siomay dilakukan dengan memberikan discount untuk pembelian dalam satu bulan pertama. Promosi yang akan kami lakukan dengan membuatkan brosur tempat-tempat ramai dan mengembangkannya di sosial media seakan-akan Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan menyampaikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, semoga para konsumen tertarik terhadap produk kami dan mampu berkunjung kembali.

4. Sistem Pemasaran dan Distribusi (Place)
Tempat yang kami gunakan dalam usaha ini ialah tempat tinggal pemilik yang berlokasi taktiks di pinggir jalan raya dan mampu diakses oleh kendaraan pribadi maupun umum.

Kesimpulan
Usaha Rainbow Siomay ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan lantaran memiliki peluang memperoleh laba yang tinggi lantaran menjadi sasaran penjualan yang belum banyak menjual Siomay dengan warna yang menarik. dibutuhkan bisnis ini bisa bersaing dengan kuliner lain dan menjadi suatu ekspresi dominan di masyarakat, selain terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang sehat bagi masyarakat.

Saran
Dari usulan bisnis ini dibutuhkan usaha ini mampu berjalan lancar, sesuai yang dibutuhkan dan banyak diminati konsumen. Saran dari kami yaitu dalam berbisnis apapun kita harus mempunyai kreatifitas yang tinggi, sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang kita buat. Dalam berbisnis pembuatan siomay ini kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak konsumen yang mau membeli produk kita, kita juga harus memperhatikan minat masyarakat untuk pengembangan produk kita, dan juga kita harus mengingat bahwa pembeli yaitu raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah tawaran Bisnis atau rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang kuliner pada link di bawah ini.

Preview acuan Makalah:

Contoh Makalah proposal Bisnis atau rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang makanan


Download rujukan Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah usulan Bisnis atau rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang kuliner.docx 
Contoh Makalah proposal Bisnis atau planning Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang makanan.pdf

Demikian share file Contoh Makalah usulan Bisnis atau rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang makanan semoga sanggup membantu dan bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh CV Lamaran Kerja (Curriculum Vitae)

Contoh Makalah Zaman Megalitikum

Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa