Contoh Makalah Persaingan usaha (Hukum perlindungan Konsumen Dan Persaingan perjuangan)

Judul contoh Makalah: 

Contoh Makalah Persaingan usaha (Hukum perlindungan Konsumen Dan Persaingan usaha)

Contoh Makalah Persaingan perjuangan (Hukum proteksi Konsumen Dan Persaingan usaha)
Contoh Makalah Persaingan usaha (Hukum perlindungan Konsumen Dan Persaingan perjuangan)


Keterangan acuan Makalah:

Contoh Makalah Persaingan perjuangan (Hukum proteksi Konsumen Dan Persaingan usaha). Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Berikut ini kutipan dari isi pola Makalah Persaingan usaha (Hukum perlindungan Konsumen Dan Persaingan usaha):

Latar Belakang
Persaingan sangat dibutuhkan dalam peningkatan kualitas hidup insan. Dunia yang kita kenal sekarang ini yaitu hasil dari persaingan insan dalam aneka macam aspek. Persaingan yang dilakukan secara terus-menerus untuk saling mengungguli membawa manusia berhasil membuat hal-hal gres dalam kehidupan yang berangsur-angsur menuju arah yang semakin maju dari sebelumnya. Untuk terciptanya keadilan dan kesejahteraan bagi semua pihak, persaingan yang harus dilakukan adalah persaingan yang sehat. kegiatan ekonomi dan bisnis pun tidak luput dari sebuah persaingan, mengingat acara ini dilakukan banyak pihak untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Oleh lantaran itu, aturan yang mengatur persaingan perjuangan dalam aktivitas ekonomi dan bisnis sangat diperlukan semua pihak supaya tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Seiring dengan era Reformasi, telah terjadi perubahan yang fundamental dalam bidang aturan ekonomi dan bisnis, yang ditandai antara lain dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 ihwal Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan usaha Tidak Sehat, yang di banyak negara disebut Undang-Undang Antimonopoli. Undang-undang seolah-olah ini sudah semenjak lama dinantikan oleh pelaku usaha dalam rangka menciptakan iklim usaha yang sehat dan bebas dari praktik kongkalikong, korupsi, dan nepotisme. Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 telah diatur sejumlah larangan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha yang tidak sehat lainnya, dengan impian mampu menyampaikan jaminan kepastian hukum dan proteksi yang sama kepada setiap pelaku usaha atau sekelompok pelaku usaha dalam berusaha. Dengan adanya larangan ini, pelaku usaha atau sekelompok pelaku perjuangan mampu bersaing secara masuk akal dan sehat, serta tidak merugikan masyarakat banyak dalam berusaha, sehingga pada gilirannya penguasaan pasar yang terjadi timbul secara kompetitif. Di samping itu dalam rangka menyosong kurun perdagangan bebas, kita juga dituntut untuk menyiapkan dan mengharmonisasikan rambu-rambu aturan yang mengatur korelasi ekonomi dan bisnis antar bangsa. Dengan demikian dunia internasional juga memiliki andil dalam mewujudkan lahirnya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999.

Pengertian Persaingan perjuangan
Hukum persaingan usaha merupakan hukum yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan persaingan usaha. menurut Arie Siswanto, hukum persaingan perjuangan (competition law) adalah instrumen hukum yang memilih tentang bagaimana persaingan itu harus dilakukan. berdasarkan Hermansyah hukum persaingan usaha adalah seperangkat aturan hukum yang mengatur mengenai segala aspek yang berkaitan dengan persaingan perjuangan, yang mencakup hal-hal yang boleh dilakukan dan hal-hal yang dihentikan dilakukan oleh pelaku usaha. Sedangkan kebijakan persaingan (competition policy) merupakan kebijakan yang berkaitan dengan perkara-masalah di bidang persaingan usaha yang harus dipedomani oleh pelaku usaha dalam menjalankan perjuangannya dan melindungi kepentingan konsumen. Tujuan kebijakan persaingan adalah untuk menjamin terlaksananya pasar yang optimal, khususnya biaya produksi terendah, harga dan tingkat keuntungan yang masuk akal, kemajuan teknologi, dan pengembangan produk.

Preview pola Makalah:

Contoh Makalah Persaingan perjuangan (Hukum perlindungan Konsumen Dan Persaingan usaha)


Download pola Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Persaingan usaha (Hukum perlindungan Konsumen Dan Persaingan usaha).docx


Demikian share file Contoh Makalah Persaingan perjuangan (Hukum perlindungan Konsumen Dan Persaingan usaha), biar mampu membantu dan bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh CV Lamaran Kerja (Curriculum Vitae)

Contoh Makalah Zaman Megalitikum

Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa