Contoh Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Judul teladan Makalah: 

Contoh Makalah Pancasila Sebagai ilhamologi Negara

Contoh Makalah Pancasila Sebagai inspirasiologi Negara
Contoh Makalah Pancasila Sebagai wangsitologi Negara


Keterangan contoh Makalah:

Contoh Makalah Pancasila Sebagai ideologi Negara. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi teladan Makalah Pancasila Sebagai ideologi Negara.

Latar Belakang
Sebelum tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia belum merdeka. Bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa lain. Banyak bangsa-bangsa lain yang menjajah atau berkuasa di Indonesia, contohnya bangsa Belanda, Portugis, Inggris, dan Jepang. Paling usang menjajah yaitu bangsa Belanda. Penjajahan Belanda berakhir pada tahun 1942, tepatnya tanggal 8 Maret. sejak dikala itu Indonesia diduduki oleh bala tentara Jepang.

Namun Jepang tidak terlalu lama menduduki Indonesia. Mulai tahun 1944, tentara Jepang mulai kalah dalam melawan tentara Sekutu. Untuk menarik simpati bangsa Indonesia semoga bersedia membantu Jepang dalam melawan tentara Sekutu, Jepang memberikan akad kemerdekaan di kelak kemudian hari. komitmen ini diucapkan oleh Perdana Menteri Kaiso pada tanggal 7 September 1944. Oleh karena terus menerus terdesak, maka pada tanggal 29 April 1945 Jepang menyampaikan janji kemerdekaan yang kedua kepada bangsa Indonesia, yaitu kesepakatan kemerdekaan tanpa syarat yang dituangkan dalam Maklumat Gunseikan (Pembesar Tertinggi Sipil dari Pemerintah Militer Jepang di Jawa dan Madura).

Dalam maklumat itu sekaligus dimuat dasar pembentukan tubuh Penyelidik perjuangan-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Keanggotaan tubuh ini dilantik pada tanggal 28 Mei 1945, dan mengadakan sidang pertama pada tanggal 29 Mei 1945 - 1 Juni 1945. Pada sidang pertama itu, banyak anggota yang berbicara, dua di antaranya adalah Muhammad Yamin dan Bung Karno, yang masing-masing mengusulkan calon dasar negara untuk Indonesia merdeka. final sidang pertama, pada tanggal 1 Juni 1945 para anggota BPUPKI sepakat untuk membentuk sebuah panitia kecil yang tugasnya yaitu menampung usul-usul yang masuk dan memeriksanya serta melaporkan kepada sidang pleno BPUPKI. Tiap-tiap anggota diberi kesempatan mengajukan usul secara tertulis paling lambat hingga dengan tanggal 20 Juni 1945. Panitia Kecil yang beranggotakan sembilan orang ini pada tanggal itu juga melanjutkan sidang dan berhasil merumuskan calon Mukadimah aturan Dasar, yang lalu lebih dikenal dengan sebutan “Piagam Jakarta”. Dalam sidang BPUPKI kedua, tanggal 10-16 juli 1945, hasil yang dicapai yaitu merumuskan rancangan aturan Dasar. Sejarah berjalan terus.

Pada tanggal 9 Agustus dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, dan semenjak dikala itu Indonesia kosong dari kekuasaan. Keadaan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pemimpin bangsa Indonesia, yaitu dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945. Sehari sehabis proklamasi kemerdekaan PPKI mengadakan sidang, dengan acara utama (1) mengesahkan rancangan aturan Dasar dengan preambulnya (Pembukaannya) dan (2) menentukan Presiden dan wapres.

Untuk pengesahan Preambul, terjadi proses yang cukup panjang. Sebelum mengesahkan Preambul, Bung Hatta terlebih dahulu mengemukakan bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945 sore hari, sesaat setelah Proklamasi Kemerdekaan, ada utusan dari Indonesia cuilan Timur yang menemuinya. intinya, rakyat Indonesia serpihan Timur mengusulkan biar pada alinea keempat preambul, di belakang kata “ketuhanan” yang berbunyi “dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” d ihapus. bila tidak maka rakyat Indonesia kepingan T imur lebih baik memisahkan diri dari negara RI yang baru saja diproklamasikan. Usul ini oleh Muh. Hatta disampaikan kepada sidang pleno PPKI, khususnya kepada para anggota tokoh-tokoh Islam, antara lain kepada Ki manis Hadikusumo, KH. Wakhid Hasyim dan Teuku Muh. Hasan. Muh. Hatta berusaha meyakinkan tokoh-tokoh Islam, demi persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh lantaran pendekatan yang terus-menerus dan demi persatuan dan kesatuan, mengingat Indonesia gres saja merdeka, akhirnya tokoh-tokoh Islam itu merelakan dicoretnya “dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” di belakang kata Ketuhanan dan diganti dengan “Yang Maha Esa”.

Rumusan kasus
  1. Bagaimana Pancasila Sebagai ideologi Negara?
  2. Bagaimana Pancasila Sebagai Dasar Negara?
  3. Bagaimana Hakikat Pancasila Sebagai wangsitologi Negara?
  4. Bagaimana Pancasila Sebagai ilhamologi Terbuka dan Tertutup?
  5. Apa Arti Pancasila Sebagai inspirasiologi Negara?
  6. Bagaimana Nilai dan Fungsi Pancasila Sebagai pandangan gresologi Negara?

Tujuan
Kelompok kami menyusun makalah ini bertujuan supaya para pembaca mampu mengetahui wacana Pancasila sebagai wangsitologi negara dan pancasila sebagai ideologi bangsa indonesia yang sesungguhnya, dan dengan adanya makalah ini juga di harapkan mampu menjadi pengetahuan bagi kita semua. 

Pancasila Sebagai ideologi Bangsa dan Negara
a) Pancasila sebagai ilhamologi bangsa
Pancasila sebagai inspirasiologi bangsa adalah pancasila sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. Berdasarkan Tap. mpr No. XVIII/MPR/1998 wacana pencabutan ketetapan majelis permusyawaratan rakyat ihwal P4. Ditegaskan bahwa pancasila ialah dasar NKRI yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

b) Pancasila sebagai ilhamologi negara.
Pengertian pandangan baruologi-ideologi berasal dari bahasa yunani yaitu wangsitn yang berarti melihat, atau wangsita yang berarti raut muka, perawakan, gagasan buah pikiran dan kata logi yang berarti ajaran, dengan demikian ideologi ialah aliran atau ilmu ihwal gagasan dan buah pikiran atau science des ideas (Marsudi, 2001). 

Puspowardoyo (1992) menyebutkan bahwa ideologi mampu di rumuskan sebagai kompleks pengetahuan dan nilai secara keseluruhan menjadi landasan seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya, serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya. Berdasarkan pemahaman yang dihayatinya seseorang dapat menangkap apa yang dilihat benar dan tidak benar serta apa yang dinilai baik dan tidak baik.

Menurut pendapat Harol H.Titus defenisi dari inspirasiologi yaitu suatu istilah yang digunakan untuk sekelompok impian mengenai banyak sekali macam perkara politik ekonomi filsafat sosial yang sering dilaksanakan bagi suatu planning yang sistematis wacana suatu impian yang dijalankan oleh sekelompok atau lapisan masyarakat.

Ciri-ciri inspirasiologi adalah sebagai berikut :
  • Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan
  • Mewujudkan suatu asaz kerohanian, pandangan-pandangan hidup, pegangan hidup yang dipelihara diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.

Fungsi inspirasiologi menurut pakar dibidangnya :
  1. Sebagai sarana untuk memformulasikan dan mengisi kehidupan insan secara individual (cahyono,1986).
  2. Sebagai jembatan pergeseran kendali kekuasaan dari generasi renta dengan generasi muda, (setiardja,2001).
  3. Sebagai kekuatan yang sanggup memberi semangat dan motivasi individu, masyarakat,dan bangsa untuk menjalani kehidupan dalam mencapai tujuan. (hidayat,2001).

Pancasila Sebagai Dasar Negara
Pancasila dalam kedudukanya ini sering disebut seb agai dasar filsafat atau dasar falsafah negara (Philosofische Gronslag) dari Negara, ideologi negara atau Statsidee, dalam pengertian ini pancasila merupakan dasar nilai serta untuk mengatur pemerintahan negara atau dengan kata lain perkataan.

Konsekuensinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggara Negara terutama segala peraturan perundang-undangan termasuk proses reformasi dalam segala bidang akil balig cukup akal ini dijabarkan dan diderivasikan dari n ilai-nilai pancasila. Maka pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, pancasila merupakan sumber kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara Republik Indonesia beserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat wilayah, beserta Negara.

Sebagai dasar Negara, Pancasila merupakan suatu asas kerokhanian yang meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum, sehingga merupakan suatu sumber nilai, norma serta kaidah, baik sopan santun maupun aturan negara, dan menguasai dasar baik yang tertulis atau Undang-Undang Dasar maupun yang tidak tertulis atau dalam kedudukannya sebagai dasar negara, pancasila mempunyai kekuatan mengingat secara hukum.

Sebagai sumber dari segala hukum atau sumber tertib hukum Indonesia maka pancasila tercantum dalam ketentuan tertinggi yaitu pembukaan UUD 1945, kemudian dijelmakan atau dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran, yang meliputi suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar 1945, yang pada balasannya dikongritiskan atau dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran, yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945, yang pada alhasil dikongritiskan atau dijabarkan dari Undang-Undang Dasar 1945 serta hukum positif lainya, kedudukan pancasila sebagai dasar negara tersebut mampu dirincikan sebagai berikut:

Pancasila sebagai dasar negara ialah sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib aturan) Indonesia. Dengan demikian pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia yang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dijelmakan lebih lanjut ke dalam empat pokok pikiran. Meliputi suasana kebatinan (Geistlichenhintergrud) dari UUD 1945.

Mewujudkan keinginan aturan bagi aturan dasar negara (baik hukum yang tertulis maupun tidak tertulis). Mengandung norma yang mengharuskan undang- undang dasar mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara (termasuk penyelenggara partai dan golongan fungsional). Memegang teguh impian akhlak rakyat yang luhur. 

Hal ini mampu dipahami karena semangat ialah penting bagi pelaksanaan dan penyelenggara negara, lantaran masyarakat dan negara indonesia senantiasa tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan dinamika masyarakat dan negara akan tetap diliputi dan diarahkan asas kerohanian negara. Dasar formal kedudukan pancasila dasar Negara Republik Indonesia tersimpul dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV yang berbunyi sebagai berikut:” maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat, yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial seluruh rakyat indonesia”.

Pengertian kata” Dengan Berdasarkan Kepada” Hal ini secara yuridis mempunyai makna sebagai dasar negara. Walaupun dalam kalimat terakhir pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tidak tercantum kata ‘pancasila’ secara eksplisit namun anak kalimat “ dengan berdasar kepada” ini memiliki makna dasar negara adalah pancasila. Hal ini didasarkan atas interpretasi historis sebagaimana ditentukan oleh BPUPKI bahwa dasar negara Indonesia itu disebut dengan istila pancasila. Sebagaimana telah ditentukan oleh pembentukan negara bahwa tujuan utama dirumuskannya pancasila ialah sebagai dasar negara Republik Indonesia. Oleh lantaran itu fungsi pokok pancasila yaitu sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

Hal ini sesuai dengan dasar yuridis sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945, ketetapan No. XX/MPRS/1966. (Jo ketetapan majelis permusyawaratan rakyat No. V/MPR/1973 dan ketetapan No. IX/MPR/1978). Dijelaskan bahwa pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum indonesia yang ada pada hakikatnya adalah merupakan suatu pandangan hidup, kesadaran dan cita-cita aturan serta cita- cita tabiat yang meliputi suasana kebatinan serta dari bangsa indonesia. Selanjutnya dikatakan bahwa cita-cita mengenai kemerdekaan individu, kemerdekaan bangsa prikemanusiaan, keadilan sosial, perdamaian nasional, cita-cita politik mengenai sifat, bentuk dan tujuan negara, keinginan budpekerti mengenai kehidupan kemasyarakatan dan keagamaan sebagai pengejawatan dari akal nurani insan.

Dalam proses reformasi sampaumur ini majelis permusyawaratan rakyat melaui sidang spesial tahun 1998, mengembalikan kedudukan pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia yang tertuang dalam Tap. No. XVIII/MPR/1998. Oleh karena itu segala jadwal dalam proses reformasi, meliputi banyak sekali bidang lain mendasarkan pada kenyataan aspirasi rakyat (Sila 1V) juga harus mendasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Hakikat Pancasila Sebagai ilhamologi Negara
Sebagai suatu ideologi bangsa dan negara Indonesia maka Pancasila pada hakikatnya bukan hanya merupakan suatu hasil perenungan dan pemikiran seseorang atau kelompok orang sebagaimana inspirasiologi-ideologi lain didunia, namun Pancasila beliaungkat dari nilai-nilai budpekerti-istiadat, nilai-nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk negara, dengan kata lain unsur-unsur yang merupakan materi (bahan) Pancasila tidak lain beliaungkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia sendiri, sehingga bangsa ini merupakan kausa materialistis (asal bahan) Pancasila.

Unsur-unsur Pancasila tersebut lalu beliaungkat dan dirumuskan oleh para pendiri negara, sehingga Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan pandangan gresologi bangsa dan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila sebagai wangsitologi bangsa dan negara Indonesia berakar pada pandangan hidup dan budaya bangsa, dan bukannya mengan gkat atau mengambil inspirasiologi d ari bangsa lain. Selain itu Pancasila juga bukan hanya merupakan ide-ide atau perenungan dari seseorang saja, yang hanya memperjuangkan suatu kelompok atau golongan tertentu, melainkan Pancasila berasal dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa sehingga Pancasila pada hakikatnya untuk seluruh lapisan serta unsur-unsur bangsa secara komprehensif. 

Oleh lantaran ciri khas Pancasila itu maka mempunyai kesesuaian dengan bangsa Indonesia.Ideologi berasal dari kata “idea” yang artinya gagasan, pengertian kata “logi” yang artinya pengetahuan. Jadi pandangan gresologi mempunyai arti pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan wacana inspirasi-ide, science of ilhamas atau anutan wacana pengertian pengertian dasar.

Istilah inspirasiologi pertama kali di kemukakan oleh Destutt de Tracy seorang perancis pada tahun 1796 . Karl Marx mengartikan inspirasiologi seb agai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial atau sosial ekonomi. Ramlan Surbakti mengemukakan ada dua pengertian ilhamologi secara fungsional dan ilhamologi secara struktural. pandangan baruologi secara fungsional di golongkan menjadi dua tipe yaitu ideologi doktriner dan ilhamologi yang pragmatis.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa wangsitologi ialah kumpulan gagasan-gagasan, inspirasi-ide, keyakinan-keyakinan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia. Notonegoro sebagaimana di kutip oleh Kaelan mengemukakan, bahwa wangsitologi negara dalam arti cita-cita negara atau impian yang menjadi dasar atau yang menjadi suatu sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerohanian yang antara lain memiliki ciri: Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan, Mewujudkan suatu asas kerohanian, pandangan dunia, pedoman hidup, pegangan hidup, yang dipelihara, dikembangkan, beliaumalkan, dilestarikan, kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.

Ideologi merupakan cerminan Tutorial berfikir orang atau masyarakat yang sekaligus membentuk orang atau masyarakat itu menuju keinginannya. ideologi merupakan sesuatu yang di hayati menjadi sesuatu keyakinan. Semakin mendalam kesadaran ideologis seseorang maka akan semakin tinggi pula komitmen nya untuk melaksanakannya. 

Ideologi berintikan seperangkat nilai yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang dimilikinya dan dipegang oleh seseorang atau suatu masyarakat sebagai wawasan atau pedoman hidup mereka. Pengertian yang demikian itu juga mampu di kembangkan untuk masyarakat yang lebih luas, yaitu masyarakat bangsa.

Pancasila Sebagai wangsitologi Terbuka dan Tertutup
Ideologi terbuka bersifat inklusif, tidak totaliter dan tidak mampu dipakai melegitimasi kekuasaan sekelompok orang. ilhamologi terbuka hanya berada dalam sistem pemerintahan yang demokratis. ideologi terbuka merupakan inspirasiologi yang hanya berisi suatu orientasi dasar, sedangkan penerjemahannya ke dalam tujuan- tujuan dan norma-norma sosial-politik selalu dapat dipertanyakan dan disesuaikan dengan nilai dan prinsip susila yang berkembang di masyarakat. Operasional harapan yang akan dicapai tidak mampu ditentukan secara apriori, melainkan harus disepakati secara demokratis.

Ideologi tertutup yaitu anutan atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang dinyatakan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus dipatuhi. Kebenaran suatu pandangan gresologi tertutup tidak boleh dipermasalahkan berdasarkan nilai- nilai atau prinsip-prinsip sopan santun yang lain.Ideologi tertutup bersifat Dogmatis dan Apriori, dogmatis berarti mempercayai suatu keadaan tanpa data yang valid, sedangkan apriori , yaitu berprasangka terlebih dahulu akan suatu keadaan. inspirasiologi tertutup tersebut dipaksakan berlaku dan dipatuhi oleh masyarakat yang di atur oleh masyarakat elit tertentu atau kelompok masyarakat, yang berarti bersifat diktatorial dan dijalankan dengan Tutorial yang totaliter. Bersifat totaliter berarti menyangkut seluruh aspek kehidupan.

Dari arti kedua ideologi ini, perbedaannya adalah pandangan baruologi terbuka bersifat inklusif, tidak totaliter dan tidak dapat digunakan melegitimasi kekuasaan sekelompok orang, artinya bahwa sistem ini bersifat demokratis dan terbuka, sedangkan ideologi tertutup bersifat absolut (negara berlaku sebagai penguasa) dan totaliter, arti dari totaliter itu sendiri ialah bahwa pemerintahan dengan kekuasaannya mempunyai hak mutlak untuk mengatur di segala bidang aspek yang ada.

Ciri-ciri pandangan baruologi terbuka dan ideologi tertutup adalah:
a. inspirasiologi Terbuka
  1. Merupakan keinginan yang sudah hidup dalam masyarakat.
  2. Berupa nilai-nilai dan impian yang berasal dari dalam masyarakat sendiri.
  3. Hasil musyawarah dan konsesus masyarakat.
  4. Bersifat dinamis dan reformasi.

b. wangsitologi Tertutup
  1. Bukan merupakan keinginan yang sudah hidup dalam masyarakat.
  2. Bukan berupa nilai dan harapan.
  3. Kepercayaan dan kesetian wangsitologis yang kaku.
  4. Terdiri atas tuntutan kongkrit dan operational yang d iajukan secara mutlak.

Apa Arti Pancasila Sebagai wangsitologi Negara
Sebelum membahas wacana arti dari Pancasila sebagai wangsitologi bangsa dan negara Indonesia,marilah kita fahami terlebih dahulu apa itu inspirasiologi, ilhamologi berasal dari kata yunani yaitu pandangan barun yang berarti melihat, atau ilhama yang berarti raut muka, perawakan, gagasan buah pikiran dan kata logi yang berarti pemikiran. Dengan demikian ilhamologi adalah aliran atau ilmu wacana gagasan dan buah pikiran atau Science Des wangsitas (AL-Marsudi, 2001:57). Puspowardoyo (1992) menyebutkan bahwa pandangan baruologi dapat dirumuskan sebagai komplek pengetahuan dan nilai secara keseluruhan menjadi landasan seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya. Berdasarkan pemahaman yang dihayatinya seseorang dapat menangkap apa yang dilihat benar dan tidak benar, serta apa yang dinilai baik dan tidak baik.

Menurut pendapat Harol H. Titus. Definisi dari wangsitologi yaitu: Aterm used for any group of ideas concerning various political and aconomic issues and social philosophies often applied to a systematic scheme of ilhamas held b y groups or classes, artinya suatu istilah yang digunakan untuk sekelompok keinginan mengenai bebagai macam masalah politik ekonomi filsafat sosial yang sering dilaksanakan bagi suatu planning yang sistematis perihal suatu impian yang dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

Bila kita terapkan rumusan ini pada Pancasila dengan definisi-definisi filsafat mampu kita simpulkan, maka Pancasila itu ialah usaha pemikiran manusia Indonesia untuk mencari kebenaran, kemudian sampai mendekati atau menanggap sebagai suatu kesanggupan yang digenggamnya seirama dengan ruang dan waktu. Hasil pemikiran manusia yang sungguh-sungguh secara sistematis radikal itu kemuduian dituangkan dalam suatu rumusan rangkaian kalimat yang mengandung suatu pemikiran yang bermakna lingkaran dan utuh untuk dijadikan dasar, asas, pedoman atau norma hidup dan kehidupan bersama dalam rangka perumusan satu negara Indonesia merdeka, yang diberi nama Pancasila.

Kemudian isi rumusan filsafat yang dinami Pancasila itu lalu diberi status atau kedudukan yang tegas dan terperinci serta sistematis dan memenuhi persyaratan sebagai suatu sistem filsafat. Termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke empat maka filsafat Pancasila itu berfungsi sebagai Dasar Negara Republik Indonesia yang diterima dan didukung oleh seluruh bangsa atau warga Negara Indonesia. Demikian isi rumusan sila-sila dari Pancasila sebagai satu rangkaian kesatuan yang bulat dan utuh merupakan dasar aturan, dasar budpekerti, kaidah mendasar bagi peri kehidupan bernegara dan masyarakat Indonesia dari pusat sampai ke kawasan-daerah. 

Sebagai wangsitologi suatu bangsa yang menjadi pandangan dan pegangan hidup masyarakatnya, Pancasila haruslah bersifat universal mencakup segala macam nilai- nilai sosial dan budaya Indonesia serta menjadi orientasi dalam hidup oleh seluruh masyarakatnya. Sebagai wangsitologi bangsa, maka keberadaannya selalu diimplementasikan ke dalam sikap kehidupan dalam rangka berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Kalau dikaji dari butir-butir kelima sila dalam ideologi Pancasila tersebut, bahwasanya sudah meliputi gambaran pembentukan karakter insan Indonesia yang ideal, sebagai mana yang diperlukan para penggali dari pancasila itu sendiri.

Gambaran pembentukan insan Indonesia seutuhnya itu, mampu diilustrasikan Pada sila pertama tersirat bagaimana manusia Indonesia bekerjasama dengan Tuhannya atau keyakinannya. Pada sila kedua tergambar bagaimana manusia Indonesia harus bersikap hidup dengan orang lain sebagaimana layaknya manusia yang punya pikiran dan ahklak hingga beliau mampu bersikap sebagai mahkluk yang tertinggi dibandingkan dengan mahkluk lainnya yaitu binatang.

Sila ketiga menunjukan bagaiama manusia Indonesia menciptakan suatu pandangan betapa pentingnya arti persatuan dan kesatuan bangsa dari pada bercerai berai seolah-olah pada pepatah bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh. Sila keempat telah menegaskan bagaimana manusia Indonesia mengimplementasikan Cara bersikap dan berpendapat serta memutuskan sesuatu menyangkut kepentingan umum secara bijak demi kelangsungan kehidupan berdemokrasi yang terlindungi antara menyuarakan hak dan kewajibannya berimbang dalam mengimplementasikannya.

Pada sila kelima dijabarkan bagaimana insan Indonesia mewujudkan suatu keadilan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat Indonesia itu sendiri. Dari klasifikasi kelima sila tersebut di atas, maka sudah sepantasnya bahwa Pancasila beserta kelima silanya itu layak dijadikan sebagai pandangan dan pegangan hidup serta dijadikan sebagai pembimbing dalam menciptakan kerangka berpikir untuk menjalankan roda demokratisasi dan diimplementasikan dalam segala macam praktik kehidupan menyangkut berbangsa, bernegara dan bermasyarakat di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.maka mengamalkan dan mengamankan Pancasila sebagai dasar Negara mempunyai sifat imperatif dan memaksa, artinya setiap warga Negara Indonesia harus tunduk dan taat kepadanya.

Siapa saja yang melangggar Pancasila sebagai dasar Negara, harus ditindak menurut aturan yaitu hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan kata lain pengamalan Pancasila sebagai dasar Negara disertai sanksi-sanksi huku m. Sedangkan pengamalan Pancasila sebagai weltanschuung, yaitu pelaksanaan Pancasila dalam hidup sehari-hari tidak disertai hukuman-sanksi aturan tetapi mempunyai sifat mengikat, artinya setiap manusia Indonesia terikat dengan impian yang terkandung di dalamnya untuk mewujudkan dalam hidup dan kehidupanya, sepanjang tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang barlaku di Indonesia.

Jadi, terperincilah bagi kita bahwa mengamalkan dan mengamankan Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia mempunyai sifat imperatif memaksa. Sedangkan pengamalan atau pelaksanaan Pancasila sebagai pandangan hidup dalam hidup sehari-hari tidak disertai sanksi-sanksi aturan tetapi mempunyai sifat mengisebag. Pancasila sebagai filsafat bangsa dan Negara dihubungkan fungsinya sebagai dasar Negara, yang merupakan landasan idiil bangsa Indonesia dan Negara Republik Indonesia dapatlah disebut pula sebagai inspirasiologi nasional atau pandangan gresologi Negara.

Nilai dan Fungsi Pancasila Sebagai wangsitologi Negara
Pancasila sebagai pandangan baruologi tidak bersifat kaku dan tertutup, tetapi dinamis dan terbuka. Hal ini dimaksudkan bahwa wangsitologi Pancasila dalam perkembangannya bersifat aktual, dinamis, dan senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ilhamologi negara yaitu sebagai berikut: 
  1. Nilai dasar, merupakann isi dari sila-sila Pancasila yang b ersifat universal sehingga dalam nilai dasar ini terkandung cita-cita, tujuan, serta nilai-nilai yang baik dan benar.
  2. Nilai Instrumental, merupakan aba-aba, kebijakan, taktik, sasaran, serta lembaga pelaksanaannya. Nilai instrumental ini merupakan klasifikasi lebih lanjut dari nilai- nilai dasar ideologi Pancasila.
  3. Nilai Praktis, dalam kehidupan, nilai-nilai Pancasila dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara nyata.

Selain itu, Pancasila sebagai wangsitologi negara secara struktur mempunyai tiga sisi atau dimensi, yaitu.
  1. Dimensi ilhamalis, artinya nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila bersifat sistematis, rasional, dan menyeluruh.
  2. Normatif (aturan), artinya nilai yang terkandung dalam Pancasila perlu dijabarkan dalam suatu sistem norma sebagaimana yang terkandung dalam norma kenegaraan.
  3. Dimensi realistis (kenyataan), maksudnya nilai-nilai itu harus mampu mencerminkan kenyataan hidup dan perilaku yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Ideologi mempunyai beberapa fungsi, di antaranya sebagai berikut:
  1. Struktur pengetahuan, yaitu keseluruhan pengetahuan yang dapat menjadi landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan peristiwa-kejadian di alam sekitar.
  2. Orientasi dasar, yaitu dengan membuka wawasan yang menyampaikan makna serta memperlihatkan tujuan dalam kehidupan manusia.
  3. Norma-norma, yaitu menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak.
  4. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya.
  5. Kekuatan yang sanggup dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
  6. Pendidikan bagi masyarakat untuk memahami dan menghayati tingkah lakunya sesuai dengan norma-norma yang terkandung di dalamnya.

Pancasila sebagai dasar negara memuat konsep dasar kehidupan yang dicita- citakan dan member kemudahan untuk membangun bangsanya. Demikian pula ilhamologi Pancasila, yang mempunyai arti penting bagi bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut (Nurlaili & Aniaty, 2014, hlm. 4):
  1. Memberi arah yang mantap dalam berkelompok dan menggerakkannya menuju tujuan masyarakatnya;
  2. Membentuk ilhamntitas kelompok atau bangsa dan mempersatukannya dalam satu kesatuan utuh;
  3. Mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial yang terjadi dan menciptakan kehidupan yang penuh kepedulian dan kebersamaan;
  4. Mempersatukan keanekaragaman yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kesimpulan
Berdasarkan uraian tersebut pancasila sebagai dasar negara mempunyai sifat imperatif atau memaksa serta mempunyai nilai- nilai luhur yang terkandung dalam pancasila yang bersifat obyektif-subyektif. Bagi bangsa indonesia hakikat yang sesungguhnya dari pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara. Kedua pengertian tersebut sudah selayaknya kita pahami akan hakikatnya. Selain dari pengertian tersebut, pancasila mempunyai beberapa sebutan yang berbeda.

Menurut pendapat Harol H. Titus defenisi dari ideologi yaitu suatu istilah yang digunakan untuk sekelompok impian mengenai aneka macam macam masalah politik ekonomi filsafat sosial yang sering dilaksanakan bagi suatu planning yang sistematis perihal suatu impian yang dijalankan oleh sekelompok atau lapisan masyarakat Pancasila sebagai ilhamologi terbuka adalah sebagai suatu sistem pemikiran terbuka yang dimana mempunyai ciri-ciri ilhamologi dan fungsi pandangan baruologi sesuai bidangnya. Pancasila sebagai ideologi memiliki dua ciri yaitu inspirasiologi terbuka dan ideologi tertutup.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Pancasila Sebagai ilhamologi Negara pada link di bawah ini.

Preview pola Makalah:

Contoh Makalah Pancasila Sebagai inspirasiologi Negara


Download contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Pancasila Sebagai inspirasiologi Negara.docx 
Contoh Makalah Pancasila Sebagai ilhamologi Negara.pdf

Demikian share file Contoh Makalah Pancasila Sebagai pandangan baruologi Negara semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh CV Lamaran Kerja (Curriculum Vitae)

Contoh Makalah Zaman Megalitikum

Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa